Selasa, 18 Januari 2011

PERKUSI KONTEMPORER

Perkusi Kontemporer
Keinginan untuk selalu memberikan yang terbaik kepada masyarakat adalah alasan timbulnya variasi baru perkusi. Mengingat bahwa perkusi merupakan musik yang benar – benar berbeda dengan musik lain, para musisi mencoba mengkomposisikan instrument lain dalam rangka mencari nafas baru agar tidak konvensional dan lebih up to date.
Adalah perkusi kontemporer varian baru yang merupakan hasil kreasi seniman musik dalam menciptakan jenis aliran perkusi dengan atmosfer modern. Perkusi kontemporer mencoba  memanfaatkan alat – alat yang bahkan tidak dikategorikan instrument musik seperti alat – alat rumah tangga ; panci, botol, plastik, kentongan, bambu dan lain – lain. Namun penambahan komposisi alat musik tersebut tidak mampu mengurangi citarasa indahnya perkusi jika diracik dengan  baik.
 contoh alat perkusi kontemporer

Penguasaan terhadap musik klasik ataupun musik modern tidak begitu diperlukan dalam perkusi kontemporer. Kunci dalam permainan perkusi adalah penghayatan dalam mengapresiasikannya. Dengan adanya penghayatan maka musisi dapat menciptakan kenyamanan dalam bermusik dan akan melahirkan energi kenyamanan yang nantinya dapat tersalurkan oleh para pendengar ataupun para penikmat musik.
Dewasa ini perkembangan perkusi kontemporer terus meningkat seiring dengan perkembangan musik tanah air. Hal ini dibuktikan dengan menjamurnya konser – konser atau festifal yang menyajikan penampilan perkusi kontemporer. Konser musik ini tak hanya pertunjukan di tanah air, musik perkusi kontemporer  pun berani berunjuk gigi di festival musik berskala internasional.
Walhasil musikalitas perkusi kontemporer baik berangkat dari improvisasi akulturasi budaya benar-benar sangat tinggi. Semoga pelestarian akan musik perkusi di Indonesia ini terus berlangsung dan berkembang secara terus menerus dan dapat menjadikan spirit baru untuk mencintai budaya Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar